Jumat, 19 Juli 2013

5 Cara Bikin Karier Kian Cemerlang ala CEO


mautaucaranya.blogspot.com, New York : Memiliki karier yang cerah di masa depan tentu menjadi impian siapapun yang bekerja. Jika Anda ingin membangun karier jangka panjang, maka belajarlah dari orang-orang yang pernah berjuang ke arah sana dan meraihnya.


Seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (19/7/2023), para Chief Executive Officer (CEO) tidak duduk di posisi mereka hanya dalam waktu semalam. Membutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk bisa meraih jabatan tersebut, dan hampir semua CEO setuju, perjalanannya tak mudah.


Beberapa CEO mengatakan, mereka bersusah payah menapaki karirnya secara perlahan, sementara yang lain terus berganti-ganti pekerjaan sesuai peluang yang ada. Lebih jelasnya, berikut lima cara mencapai karier cemerlang ala CEO beberapa perusahaan ternama:


1. Tentukan tujuan pribadi Anda.

Dalam wawancaranya dengan New York Times, CEO LinkedIn Jeff Weiner mengatakan, siapapun tak akan menyadari tujuannya jika dia tak pernah menentukannya. Pentingnya memutuskan tujuan bekerja, memotivasi Anda untuk mewujudkannya.


Anda mewujudkannya secara eksplisit dengan mengetahui lalu mengejarnya. Anda juga akan mewujudkannya secara implisit saat bicara, berpikir dan ucapan Anda pada orang lain. Terlepas dari jabatan Anda di perusahaan, Anda tetap harus membuat daftar tujuan Anda. Jika saat ini Anda tak memiliki tujuan bekerja, Anda hanya akan berputar-putar tanpa arah.


2. Pilih orang yang tepat

CEO Sodexo Michael Landel saat diwawancarai Wall Street Journal mengungkapkan kesalahan terbesar yang dilakukannya adalah keliru memilih orang.


Kesulitan yang paling sulit dari pekerjaannya, dan seluruh manajer lain adalah memilih orang tepat untuk pekerjaan yang tepat. Kebanyakan manajer hanya akan mencoba menemukan orang secepat mungkin. Jika ternyata pilihannya salah, para manajer akan memecatnya dan mencari penggantinya.


Langkah tersebut membuang banyak waktu dan tenaga. Lebih baik menghabiskan banyak waktu untuk memilih orang yang sejalan dengan tim Anda dan giat bekerja daripada mereka yang hanya menginginkan bayaran saja.


3. Bekerja lebih keras dari siapapun

"Anda harus bekerja lebih keras dari siapapun," ujar CEO Deloitte Joe Echevarria saat menjawab pertanyaan dari Fortune Magazine. Dia juga mengatakan, jika Anda tak bekerja keras, keahlian apapun tak akan membantu Anda.


Dia menyarankan pegawai untuk bekerja ditempat yang diinginkan dan buktikan bisa meraih sesuatu dengan berkerja keras.


Peluang tidak hanya datang pada Anda, maka raihlah dengan kerja keras. Semakin giat Anda bekerja, semakin banyak keberuntungan yang Anda peroleh. Hal tersebut karena kegigihan Anda menciptakan banyak peluang. Jika Anda bermalas-malasan, Anda tak akan melangkah lebih jauh saat berkarir.


4. Keluarlah dari zona nyaman

CEO Yahoo! Marrisa Mayer mengatakan pada Fortune Magazine, saat Anda merasa tidak siap melakukan sesuatu, itulah saatnya Anda mendorong diri dan berkembang. Saat itu Anda akan menyadari Anda mampu melakukan sesuatu di luar yang Anda pikirkan.


Dengan kegiatan yang sama setiap hari, Anda tak akan pernah mengalami kemajuan dalam bekerja. Anda harus menguasai semua pekerjaan Anda saat ini untuk membuktikan potensi pribadi, maka Anda siap mengemban tanggung jawab lebih.


5. Banyak membaca

Pebisnis kaya Warren Buffett mengatakan, dirinya membaca enam jam sehari untuk mempelajari berbagai hal yang bisa ia terapkan di industrinya. CEO Berkshire ini juga rajin membaca untuk menambah pengetahuan atas perusahaan yang akan ia tanami modal.


Semakin baik Anda mengenali industri dan profesi yang dijalani, semakin pandai Anda bicara dengan kerabat Anda. Dengan meningkatnya pengetahuan, tak heran jika Anda bisa cepat naik jabatan. (Sis/Ndw)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york