Selasa, 16 Juli 2013

Cara Aneh yang Bikin Makanan Terasa Lebih Nikmat


mautaucaranya.blogspot.com.com - Pernahkan Anda merasakan kopi lebih nikmat saat diminum dari cangkir favorit? Atau kenyalnya pizza terasa lebih enak saat dimakan dengan tangan daripada dengan garpu dan pisau?


Anda tidak berkhayal, karena teori itu mungkin memang ada. Sebuah studi baru mengindikasikan, berat, warna, ukuran, dan bentuk dari alat-alat makan dapat mempengaruhi rasa makanan.


Para peneliti dari Oxford University melakukan tiga percobaan untuk menentukan bagaimana cara alat makan mempengaruhi rasa makanan. Pada dua percobaan pertama, para peserta diminta merasakan yogurt dengan sendok yang bervariasi ukuran, berat, model, dan warnanya.


Sedangkan pada percobaan ketiga, para peserta diminta merasakan keju dengan beberapa alat makan, seperti garpu, pisau, sendok, atau tusuk gigi. Kemudian mereka ditanyai jika ada perbedaan rasa dari variasi alat makan yang digunakan.


Hasil studi menunjukkan, meskipun para peserta menyantap makanan yang sama, namun mereka mengaku ada perbedaan rasa dari makanan-makanan itu. Setiap kali menyantap makanan dari alat yang berbeda, mereka merasakan rasa yang berbeda pula.


Misalnya, ketika mereka makan yogurt dengan sendok yang ringan, yogurt terasa lebih padat dan terlihat lebih mahal. Sementara sendok yang lebih kecil cenderung membuat rasa yogurt menjadi lebih manis. Dan keju terasa paling tajam dan asin saat dimakan dengan pisau.


Para peneliti mengatakan, tubuh kita secara otomatis memiliki ekspektasi pada rasa makanan sebelum makanan masuk ke mulut. Namun saat alat makan yang digunakan tidak terduga sebelumnya, maka kita tidak bisa menggunakan sistem otomatis ini.


"Maka kita pun jadi lebih peduli pada aspek lainnya dari rasa atau tekstur makanan yang biasanya tidak dipedulikan," jelas para peneliti.


Maka, bukan hal yang aneh jika Anda lebih senang menggunakan alat makan yang sama terus menerus, kan?


0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york