Rabu, 17 Juli 2013

Kulit Kering Saat Berpuasa? Atasi dengan Cara Mudah Ini


Jakarta, Cuaca panas, teriknya matahari, serta kurangnya asupan cairan selama berpuasa seringkali membuat kulit kering dan kusam. Apalagi jika Anda memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Sebagian besar orang hanya mengandalkan penggunaan lotion saja, padahal kulit sehat selama berpuasa juga bisa didapat dengan menerapkan tips sederhana ini.


"Saat bulan puasa, asupan cairan otomatis akan berkurang. Ini yang paling berpengaruh pada kesehatan kulit, umumnya kulit akan menjadi lebih kering, kusam, dan kasar. Kesehatan kulit mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, sehingga perawatannya harus bersifat holistik," tutur dr Gloria Novelita, SpKK, spesialis kulit dan kelamin, saat dihubungi oleh detikHealth dan ditulis pada Rabu (17/7/2013).


Berikut 6 tips sederhana dari dr Gloria untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan puasa:


1. Perbanyak asupan vitamin A, C, dan E

Pilih makanan sehat yang mengandung vitamin A, C, dan E baik saat sahur maupun berbuka. Vitamin A terdapat pada hati sapi, wortel, brokoli, ubi jalar, kangkung, bayam, dan melon. Sedangkan vitamin C banyak terdapat pada stroberi, jeruk, anggur, lemon, pepaya, kismis hitam, kiwi, dan paprika. Untuk vitamin E, sumber terbaiknya antara lain alpukat, mangga, kiwi, pisang, bayam, brokoli, dan tomat.


2. Cukupi jam tidur

Usahakan untuk selalu mencukupi jam tidur selama berpuasa, yaitu 7-8 jam per hari. Menurut dr Gloria, jika kurang tidur otomatis akan berpengaruh ke kesehatan kulit. Kulit akan jadi terlihat lebih kusam dan tampak tidak sehat.


3. Mandi dengan air dingin

Mandi dengan menggunakan air hangat justru membuat kulit menjadi lebih kering. Jika pada pagi hari Anda tidak kuat untuk mandi dengan air dingin, dr Gloria menyarankan untuk mencampurnya dengan sedikit air hangat namun pastikan suhunya tidak terasa terlalu hangat.


4. Pilih sabun yang lembab

Saat berbelanja, pilih dengan cermat sabun yang memiliki kandungan pelembab tinggi. Biasanya pada kemasan akan terlihat tulisan 'mild' atau 'high moisturizer'. dr Gloria sangat menyarankan untuk hindari penggunaan sabun dengan antiseptik atau wangi terlalu sering. Sebab, kandungan pelembabnya biasanya kurang dan bisa membuat kulit menjadi kering.


5. Gunakan lotion secara teratur

Segera setelah mandi gunakan lotion secara menyeluruh, sebab kondisi kulit terbaik untuk diberikan lotion adalah setelah mandi. Pada waktu ini kondisi pori-pori kulit sedang terbuka dan sangat mudah menyerap kandungan lotion.


"Jadi setelah mandi jangan segera mengeringkan secara total, biarkan setengah kering dan usapkan lotion secara merata," terang dr Gloria.


6. Minum suplemen jika diperlukan

Jika memang dirasakan asupan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit tidak tercukupi melalui asupan makan sehari-hari, menurut dr Gloria ada baiknya mengonsumsi suplemen vitamin, khususnya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.


( vit/vit)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york