Rabu, 30 Oktober 2013

Pemuda Indonesia Mesti Bisa Hargai Orang Lain, Ini Caranya!


mautaucaranya.blogspot.com, Jakarta : Menghargai orang lain itu tanda bahwa Anda juga menghargai diri sendiri. Sayang, pemuda masa kini dianggap kurang memiliki rasa menghargai sesamanya.



Psikolog di Lembaga Terapan Psikologi UI, Muhammad Rizal, Psi, mengatakan, menjadi pribadi yang menghargai orang itu tak mudah. Namun, dengan cara sederhana pemuda bisa belajar menghargai orang lain. Apa saja?


1. Belajar memahami orang

'Kalau bisa memahami kondisi orang lain, maka penghargaan itu akan muncul,' kata Rizal saat dihubungi mautaucaranya.blogspot.com, Jakarta, Senin (28/10/2013).


2. Mendengarkan orang lain

Untuk belajar mendengarkan orang lain, peran orangtua diperlukan. Orangtua hendaknya mendidik anaknya untuk mendengarkan orang lain. Namun, kebanyakan orangtua zaman sekarang lebih banyak berbicara dibanding mengajarkan anaknya mendengarkan.


'Anak-anak sekarang cenderung banyak ngomong karena orangtuanya nggak punya kesempatan mengajarkan anaknya untuk mendengarkan orang lain. Anak itu meniru apa yang dilakukan orangtuanya atau dikenal dengan istilah modelling,' ujarnya.


3. Mau menyediakan waktu

Menyediakan waktu untuk orang lain, bertemu dengan orang, dan mengobrol dengan orang lain itu penting. Oleh karena itu, di sekolah guru juga mengajar tidak hanya satu arah. Berikan waktu ke murid untuk menyampaikan pendapatnya.


(Mel/Abd)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york