Kamis, 17 Oktober 2013

Relaksasi di Tengah Kesibukan? Begini Caranya

Qalbinur Nawawi - mautaucaranya.blogspot.com Sibuk di kantor (Foto: Google)

MAU tahu cara agar Anda bisa rileks di tengah segudang pekerjaan? Bila iya, mungkin Anda harus mencoba metode 'istirahat aktif' di tengah aktivitas harian nanti.


Ya, konsep baru 'istirahat aktif ' memungkinkan Anda menenangkan tubuh dan pikiran kendati tubuh masih bergerak dan mengerjakan sesuatu


Mungkin ini terdengar berlawanan dari intuisi, namun teknik relaksasi ini memang tak harus dilakukan menyilakan kaki kemudian mendekatkan keheningan dan kesunyian, seperti teknik relaksasi biasanya.


'Fokus pada satu tugas tertentu dan menghalangi segala instruksi dan meresahkan pikiran bisa menginduksi respon relaksasi,' kata Kathy J. Helzlsouer, MD dari Prevention and Research Center di Mercy Medical Center in Baltimore, sebagaimana dilansir Womenshealth.


'Tujuannya adalah melakukan satu hal- dan memang satu hal yang dikerjakan dan dipikirkan- oleh diri sendiri,'kata Susan Ginsberg, dari Chicago-based Stop and Breathe program.


Carilah tindakan sederhana yang tak berat tetapi masih memerlukan perhatian penuh Anda. Misalnya dengan naik sepeda yang ideal untuk istirahat aktif karena Anda perlu berkonsentrasi mengemudi, mengayuh - tapi tidak terlalu keras mengayuhnya- dan berfokus pada jalan. Demikian juga, seperti melukis kuku Anda yang membutuhkan tangan yang stabil. Dan hobi seperti merajut atau menggambar yang membutuhkan fokus pada gerakan dan polanya.


Bila Anda merasa gelisah secara fisik, Anda bisa pergi ke lingkungan yang memberikan nuansa alam agar merasa tenang. Bila pikiran Anda seperti balap-balapan padahal Anda sangat lelah, tenggelamkan diri dengan membaca sebuah buku. Bila kegelisahan Anda membawa Anda impulsif untuk makan terus menerus, Anda bisa memfokuskan diri pada teka-teki silang. Singkatnya, sesuaikanlah istirahat aktif Anda yang sesuai dengan stamina tubuh dan karakter Anda. (ind)


BACA JUGA '



Kamis, 17 Oktober 2013 06:18 WIB


Kamis, 17 Oktober 2013 00:31 WIB


Rabu, 16 Oktober 2013 23:10 WIB


0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york