Kamis, 24 Oktober 2013

[VIDEO] Mau Jadi Pialang di BKDI? Ini Caranya!


mautaucaranya.blogspot.com, Jakarta : Meski telah berdiri sejak 23 Juni 2009, nama Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) masih belum dikenal masyarakat awam. BKDI adalah bursa yang menyediakan pasar transaksi untuk produk-produk komoditi dan berjangka seperti emas, minyak sawit, olein dan timah.




Head Business Development BKDI Christilia Angelica, menyatakan transaksi jual beli di BKDI hanya bisa dilakukan anggota bursa. Dia menyebutkan, saat ini total anggota BKDI ada 48 anggota, 30 pialang.


Lalu apa yang harus dilakukan jika ingin menjadi anggota BKDI?


BKDI memberikan syarat dan ketentuan yaitu mengisi formulir keanggotaan, dari formulir keanggotaan calon anggota harus mendapat persetujuan ke regulator yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Lembaga ini bertugas membuat peraturan dan mengawasi penerapannya dalam aktivitas perdagangan berjangka.


'Ketika calon anggota sudah mendapat izin bursa dan Bappebti. Calon anggota tersebut akan mendapat account yang ada username dan login. Karena kita sistem online, tapi sebelum dapat username mereka membayar biaya dulu, biaya membership. Setelah dapat acccount, baru mereka boleh trading,' jelas Christilia.


Untuk menjadi anggota, pedagang dikenakan biaya Rp 1,1 miliar. Sementara kalau pialang ditarik biaya Rp 1,5 miliar. Biaya pendaftaran untuk pialang lebih besar karena para pialang nanti memiliki nasabah.


'Yang pasti biaya itu tak hanya untuk menjadi member BKDI, tapi juga biaya security deposit. Maksudnya kalau nanti suatu saat mereka tidak mengikuti tata tertib kita atau tidak melakukan pembayaran hari ini, kami akan mengambil dari biaya ini. Kalau marginnya sudah tidak ada, kami juga ambil dari security deposit,' jelasnya.


Sama seperti bursa lainnya, lanjut dia, BKDI juga memilki lembaga kliring atau wadah penjamin Fungsi lembaga yang menjamin penyelesaian transaksi atas dana nasabah sekaligus berfungsi sebagai penjamin keamanan dana nasabah yang berada pada broker anggotanya.


Yang menjadi penjamin lembaga kliring untuk produk-produk BKDI atau ICDX yaitu Identrust Security International (ISI) yang 100% sahamnya dikuasai BKDI.


'Tanpa ada penjamin, siapa yang mau jadi member? Nantinya mereka bisa bayar pada 6 bank yang sudah ditunjuk yaitu Bank BCA, Bank Windu, Bank Sinarmas, Bank CIMB niaga, Standard Chartered Bank, dan BNI,' tambahnya.


Angelina berpesan, untuk para anggota agar tekun menganalisa kondisi cuaca ataupun ekonomi untuk meminimalisir risiko. Pasalnya kedua hal itu sangat berpengaruh terhadap pergerakan pasar komoditas.


'Harus tekun, kita main komoditi itu pengaruh bisa cuaca, bisa ekonomi. Jadi itu harus dipantau, dengan rajin membaca berita. Dengan begitu, potensi keuntungan bisa lebih tinggi,' tutur dia. (Pew/Ndw)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york